Pilihan menggunakan Sistem Terpadu merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menyatukan beberapa system yang seharusnya bisa digabung, memang untuk pertama kali dalam perencanaan sistem terpadu ini memerlukan tidak sedikit biaya yang harus di keluarkan, namun secara efisiensi-efektifitas untuk Operational beberapa tahun mendatang akan terasa lebih ringan.
Namun demikian dalam perencanaan Sistem Terpadu bisa dilakukan secara bertahap, mengikuti ketersediaan dana yang ada. Okelah untuk Pertama seperti yang telah di jelaskan pada Membangun System Terpadu I, bahwa harus ada web hosting dengan memperhatikan di mana mendapatkan hosting berkualitas, webhosting terbaik, webhosting tangguh, atau dengan kata lain yang lebih sederhana dimana mendapatkan hosting terbaik.
Pada intinya harus ada tempat dimana kita naruh database sistem informasi tersebut, sehingga bisa di akses dengan mudah. To the point (langsung tubruk aja dah).
Infrastruktur merupakan perencanaan selanjutnya, untuk menggabungkan seluruh system informasi diperlukan jaringan, serta infrastruktur yang memadai. Kita harus menghitung berapa divisi/ unit organisasi/ kantor yang akan di gabung Systemnya, seberapa jauh antar titik system informasi yang akan di gabungkan, sehingga bisa di analisa bentuk infrastruktur jaringan yang akan kita pakai apakah itu menggunakan kabel (LAN) sebagai medianya, atau menggunakan Wireles atau Dial Up, hal ini tergantung jarak dan letak dari Unit Sistem Informasi yang akan di rencanakan.
Sebagai gambaran bisa dilihat Office and wide area backbones be continue....
No comments:
Post a Comment